Selalu ada alasan untuk Raja Ampat!

img_20111128234634_4ed3baea8d799-1

img_20111128234851_4ed3bb7333366

Tahun 2011, siapa yang tidak kenal Raja Ampat? Jika Anda warga negara Indonesia, mengaku suka traveling, Anda pasti pernah mendengar nama tersebut.

Mendengar Raja Ampat yang pertama kali terlintas di benak kami (khususnya anak-anak muda pecinta trip murah meriah) adalah mahal! Ya, kata mahal memang sulit dipisahkan dari tempat ini, terutama bagi kami yang berdomisili di wilayah Indonesia bagian barat. Begitu luasnya negeri ini, hingga kita perlu melewati dua zona waktu untuk mencapai sisi timur Indonesia ini.Luasnya yang mencapai 4,6 juta hektar,  dimana 85% nya merupakan lautan, merupakan faktor utama yang menjadi kendala transportasi di daerah ini. Sulitnya akses mengakibatkan harga seluruh bahan kebutuhan pokok di tempat ini jauh lebih tinggi dibandingkan harga di kota besar. Sebagai gambaran di kawasan ini harga bahan bakar mencapai Rp10.000,00 per liternya.

Untuk berkeliling Raja Ampat selama enam hari, kami menghabiskan sekitar 19 juta rupiah hanya untuk menyewa longboat (kapasitas hingga 10 orang). Harga ini terbilang murah, jika dibandingkan dengan harga sewa speedboat di kawasan ini yang berkisar di angka 8 juta rupiah per hari (kapasitas hingga 20 orang).

Kami menyewa perahu milik seorang warga lokal yang juga menemani perjalanan kami selama berkeliling Raja Ampat. Memang tidak senyaman dan sekencang speedboat yang biasa disewakan untuk para turis, tetapi kami ingin sedikit berkontribusi terhadap pariwisata Raja Ampat dengan memberdayakan masyarakat lokal.

img_20111128234634_4ed3baea8d799

Walaupun, tempat ini diidentikan dengan kata “mahal” tapi setiap tahunnya tempat ini selalu ramai dikunjungi turis asing maupun lokal. Pada tahun 2010 saja, turis yang datang tercatat sekitar 6000 orang. Pasti ada alasan kuat yang menjadi penyebabnya, bukan? Berikut saya jabarkan sebagian kecil alasannya:

  1. Raja Ampat memiliki 537 jenis karang, atau mewakili 75% jenis karang yang ada di dunia (atau 10x lipat dari jenis karang yang ada di Kepulauan Karibia!).
  2. Keanekaragaman biota laut Raja Ampat paling besar di seluruh area segitiga koral dunia (Philipina-Indonesia-Papua Nugini), yang juga berarti terbesar di dunia!
  3. Terdapat setidaknya 20 spesies endemik (jenis ikan dan karang) yang hanya bisa ditemui disana!
  4. Di kawasan ini terdapat 610 pulau, dan hanya 35 pulau diantaranya yang dihuni penduduk. Bayangan tentang pulau kecil berpasir putih yang tidak berpenghuni, bisa anda temukan dengan mudah di sini!

Jadi, apakah Anda masih memilih Maldives, Hawaii atau bahkan Karibia sebagai tujuan wisata Anda. Sebelum Anda “mencicipi” Raja Ampat? Pastikan Anda memilih dengan bijak!

Info:

  1. Untuk mencapai tempat ini dari Jakarta, bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat menuju Sorong. Biaya tiket berkisar antara 3-4juta rupiah pp diwaktu normal (bukan peak season).
  2. Setelah tiba di Sorong, anda dapat menyewa kendaraan (biasanya avanza) dengan tarif sekitar 100ribu rupiah untuk sampai ke Pelabuhan Sorong, dan kemudian menyebrang ke Waisai (pusat pemerintahan Raja Ampat) menggunakan kapal Feri, dengan tarif 120ribu rupiah.
  3. Menikmati tempat ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni land base (menginap di resort yang ada di salah satu pulau), ataupun live on board (menginap di kapal sambil berkeliling kawasan). Cara live on board tentunya memakan biaya yang lebih besar dibanding land base. Namun, dengan live on boardtentunya cakupan wilayah yang bisa anda nikmati akan jauh lebih luas.
  4. Terdapat beragam penginapan yang bisa anda pilih, dengan berbagai variasi harga mulai 400ribu hingga jutaan rupiah per malam. Sementara tarif live on board dengan paket kegiatan menyelam, biasanya berkisar antara 10-15 juta rupiah untuk 7 hari.

img_20111128234815_4ed3bb4fa821a

About Audrey Jiwajennie

Former national swimmer. Lecturer. Dive instructor. Swimming coach. Ecotourism consultant. Multitasker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: