Surga Penyelam di Bumi Cendrawasih

Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat. Menyebut nama itu lima tahun yang lalu mungkin hanya akan mengundang pertanyaan dari yang mendengarnya “dimana tuh?”

Berkat jasa para investor asing yang telah membuka jalan bagi perkembangan pariwisata di Kawasan Raja Ampat, kepopuleran daerah ini telah meningkat drastis. Sejak dua tahun terakhir nama tersebut amat sering terdengar, terutama di kalangan pecinta ekowisata.

Setiap orang yang mengaku dirinya penyelam, hampir pasti pernah menghadapi pertanyaan serupa: “Sudah pernah menyelam di Raja Ampat?”

Seakan, Raja Ampat merupakan suatu pencapaian khusus yang harus dicapai oleh setiap penyelam. Jangan pernah menyombongkan status penyelam anda, jika belum ke Raja Ampat. Bahkan ada anggapan trip ke Raja Ampat merupakan “trip naik haji” bagi para penyelam.

Terbagi menjadi 4 kepulauan besar, Waigeo, Misool, Batanta dan Salawati, kabupaten yang terletak di area kepala burung wilayah Papua Barat ini terhampar seluas 4,6 juta hektar, dan di klaim memiliki 70% jenis terumbu karang yang ada di dunia, dan tingkat keanekaragaman hayati bawah laut yang tidak ada tandingannya. (seriusan, ngga ada lawan!)

Berbagai biota laut yang sulit ditemukan di daerah penyelaman lain di Indonesia, bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Raja Ampat. Sebut saja wobbegong shark, manta ray, eagle ray, walking shark, blacktip shark sertapygmi seahorse. Selain itu, alam yang jauh dari kebisingan kota besar, pulau-pulau tak berpenghuni berpasir putih serta hamparan laut biru yang jernih, juga merupakan daya tarik utama yang membuat tempat ini begitu diminati wisatawan, baik lokal maupun asing.

Jadi, apakah anda sudah pernah menyelam di Raja Ampat? Well, kami sudah! Gratis pula!

How to get there:

– Cara paling mudah dan ekonomis untuk memasuki kawasan ini yakni dengan menggunakan kapal feri melalui Pelabuhan Sorong menuju Waisai (pusat pemerintahan Kab.Raja Ampat), dengan tarif 100-120ribu rupiah per orang, dan waktu tempuh sekitar 2 jam.

– Cara lain yang kurang ekonomis? Anda bisa menyewa sendiri speed boat, atau longboat dari Kota Sorong.

– Cara yang paling mewah dan tidak ekonomis biasanya dipilih oleh kelompok penyelam yang ingin mengeliling Raja Ampat menggunakan kapal pesiar, atau istilah kerennya: Live On Board :D

Tips:

– Titik-titik penyelaman di Raja Ampat cenderung berarus kencang dan arahnya tidak beraturan. Pastikan anda memiliki skill menyelam yang cukup untuk menghadapi arus, sebelum menyelam di tempat ini.

– Rata-rata suhu air cenderung hangat (28°-30°celcius)

– Waktu terbaik untuk melakukan penyelaman di wilayah Raja Ampat adalah sekitar  bulan Desember-Januari.

– Signal telepon seluler tidak stabil, kadang hilang sama sekali. Pastikan anda menyelesaikan seluruh kepentingan komunikasi (dengan kantor, pacar, orangtua, saudara serta handai taulan) sebelum pergi ke sana.

– Siapkan persediaan logistik yang cukup sesuai dengan rencana perjalanan, karena kita tidak pernah tahu, seberapa jauh jarak warung terdekat.

– Pastikan anda membawa obat-obatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan, mengingat di wilayah ini belum tersedia apotik apung. Dan lagi-lagi, kita tidak pernah tau seberapa jauh jarak mantri terdekat (mantri aja jarang, apalagi dokternya….)

Tags: , , , , ,

About Audrey Jiwajennie

Former national swimmer. Lecturer. Dive instructor. Swimming coach. Ecotourism consultant. Multitasker.

One response to “Surga Penyelam di Bumi Cendrawasih”

  1. nantha lauw says :

    Siapkan persediaan logistik yang cukup sesuai dengan rencana perjalanan, karena kita tidak pernah tahu, seberapa jauh jarak warung terdekat.
    ————————————————————————————–
    Stuju bgt….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: